Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

soewoek's picture
Posted by soewoek

Rute ini sungguh memberikan pengalaman bersepeda yang tidak dapat dilupakan, sebuah perpaduan paripurna tiada tara, rute aspal halus nan-rindang, pemandangan pegunungan indah dengan udara yang dingin dan segar, serta nuansa eksotisme khas Bali. Rute ini berjarak total 240 km yang terbagi menjadi dua etape. Masing-masing etape memiliki karakteristik dan keistimewaan tersendiri. Etape pertama relatif datar dengan banyak pohon rindang dan didominasi pemandangan tepi pantai, sementara etape kedua memberikan pemandangan pegunungan dengan jalan menanjak di sepertiga rute.

 

Etape 1 : Gilimanuk - Tulamben [150 km]

Titik start etape ini adalah dari kota Banyuwangi, dapat ditempuh dengan kereta ekonomi Sri Tunjung yang berangkat dari Jogja dengan biaya Rp 100rb. Perjalanan dengan kereta mencapai 18 jam, berangkat jam 7.15 tiba jam 21.15. Sebaiknya sudah booking hotel di Banyuwangi agar dapat cukup istirahat sebelum memulai perjalanan panjang keesokan harinya. Kami sudah mencoba Hotel Mirah, hanya berjarak 3 km dari penyeberangan Ketapang. Untuk menyeberang, sepeda plus pengendara membayar Rp 14.000. Jika membawa mobil logistik, tarifnya Rp 141.000.  Jika lancar tidak ada ombak tinggi penyeberangan hanya membutuhkan waktu 45 menit. Saat penantian dalam kapal ferry cocok dimanfaatkan untuk sarapan.

Setibanya di Gilimanuk, langsung merasakan kenikmatan gowes yang luar biasa. langsung terasa nikmat sekali. Kondisi jalan aspal nan-mulus, jalan juga relatif datar, kiri-kanan penuh dengan pohon yang rindang, udaranya juga sangat segar sekali. Sesudah lewat dari kawasan Taman Nasional Bali Barat, kita akan disuguhkan pemandangan tepi pantai yang indah dan juga udara yang menyehatkan. Mayoritas kondisi jalan relatif datar, memang ada beberapa segmen yang naik dan turun, tapi tidak terlalu tinggi, dan tidak panjang, relatif mudah dilalui. Menjelang finish di Hotel Matahari Tulamben Resort juga ada tanjakan, tapi relatif mudah dilalui.

Start dari Gilimanuk jam 7 pagi, saat jam makan siang antara jam 12 - 14 lebih kurang posisi sudah sampai di daerah Lovina, tiba di Tulamben jam 17, sehingga total perjalanan lebih kurang 10 jam (sudah termasuk istirahat).

Diagram elevasi berikut mungkin nampak menyeramkan kok banyak naik turun, tapi jika diperhatikan skalanya, ketinggian maksimal hanya 53 meter dengan rerata elevasi 0,7% maksimal 3,6%. 

Download GPX

 

 

Etape 2 : Tulamben - Denpasar [102 km]

Etape ini sungguh sebuah pengalaman gowes yang tak terlupakan, menyusuri kaki Gunung Agung, landmark yang sangat khas Bali. Bermalam di Tulamben memberikan cukup pemulihan untuk memulai lagi perjalanan, karena langsung disambut dengan tanjakan yang memberikan pemandangan nan-indah tiada tara. Berbeda dengan etape pertama yang didominasi pemandangan tepi pantai, etape ini memberikan pemandangan pegunungan, sawah terasering dan nampak pantai di kejauhan. Karena start pagi, menanjak hawa dingin dan udaranya sangat segar sekali, menanjak menjadi menyenangkan, jalanan juga tidak ramai. Sesudah melalui tanjakan2, disambut lagi dengan pemandangan pantai, jalan relatif datar dengan banyak rolling. 

Tidak perlu terburu-buru melahap tanjakan karena begitu banyak pemandangan indah di sepanjang jalan. Tanjakan yang cukup panjang dimulai pada KM 9, baru mencapai puncaknya pada KM 15. Rerata elevasinya 4,7% maksimal 11,9%. Nampak dalam diagram, kita akan menanjak sampai ketinggian 358 meter, walaupun berkesan sangat curam tapi sebenarnya jalannya berkelok-kelok sehingga tidak terlalu curam, masih bisa dilalui dengan kecepatan 5 - 10 km per jam. Sangat disarankan untuk hemat energi sejak awal perjalanan melahap tanjakan, selain karena masih ada tanjakan-tanjakan ringan, juga karena perjalanan masih panjang. Walaupun jalan relatif datar tapi akan dilewati dalam kondisi panas terik sehingga lumayan menguras tenaga dan membutuhkan banyak istirahat. 

Jalan utama Ida Bagus Mantra sangat panjang dan panas, di ujung jalan ini ada Indomaret besar, tempat sempurna untuk melepas lelah dan mengisi tenaga. Saat masuk ke kota Denpasar, rute ini juga dilewatkan ke kuliner Ayam Betutu khas Gilimanuk (halal) dan kemudian finish di Hotel Puri Nusantara yang lokasinya sangat dekat dengan bandara, persis sebelah toko oleh-oleh Krisna. Start dari Tulamben jam 6 pagi, finish di Denpasar jam 16, total perjalanan lebih kurang 10 jam (sudah termasuk istirahat).

Download GPX

 

 

Special mention, terima kasih atas sumbangan foto dari kawan-kawan, juga sumbangan foto nan-cantik dari fotografer pak Asril Kurniadi.

Lokasi: 

Indonesia
8° 16' 42.1788" S, 115° 35' 36.6" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
240.00km
Sepeda
Road Bike
Elevasi Rerata
4.50%
Elevasi Maksimal
12.00%
Elevasi Jarak
6.00km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.