Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

sidipras's picture
Posted by sidipras

Pemandangan dari puncak landasan Paralayang Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu keindahan yang tiada duanya. Perjuangan menuju kesana memang tidak mudah, namun sangat sepadan dengan keindahan yang didapat. Lokasi landasan ini memang tidak tercantum di Google Maps, namun ada jalan yang dapat diikuti, sesuai panduan peta ini.

Dimulai dari Kota Yogyakarta, langsung saja menuju arah Bantul melewati jalan Parangtritis ke arah selatan, dalam perjalanan sebaiknya hati-hati karena ini bukan jalur humanis. Kita akan gowes turunan sepanjang 26 km dengan elevasi landai 0,5% (rute pulang akan nanjak landai). Masuk ke TPR Parangtritis tidak perlu bayar karena kita memakai sepeda, sampai di Parangtritis bisa melepas lelah di Pantai Parangtritis atau jika masih menyimpan tenaga bisa langsung naik ke landasan, jalan akan mulai menanjak sampai pertigaan ada penunjuk arah ke kanan menuju ke landasan sepanjang 4 km, dan tanjakan terberat adalah 2 km menjelang puncak dimana rerata elevasinya 10% dan elevasi maksimal 27%.

Sampai dibawah landasan kita bisa beristirahat lagi di pendopo, disekitar situ ada tempat parkir dan warung. Untuk bisa naik ke landasan, sepeda tidak bisa dinaiki tetapi harus di gendong siapkan tenaga ekstra untuk menggendong sepeda kesayangan anda melewati tangga yang terbuat dari batu ditata. Jika tidak mau repot bawa sepeda ya titipkan di tempat parkir. Di landasan tidak yang terlalu luas itu kita bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis dari atas. Jika beruntung kita bisa melihat atlet paralayang/gantole takeoff dari landasan tersebut.

Untuk perjalanan turun juga melewati jalan tersebut, yang perlu diingat adalah pengereman harus tepat, tikungan menurun dan selalu konsentrasi memperhatikan jalan karena ada beberapa lubang

Credit photo team BeXC (Bejen Cross Country)

Lokasi:

Indonesia
8° 1' 36.5016" S, 110° 20' 45.168" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak

Categories:

Kota:

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.