Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Rute ini termasuk salah satu favorit saya. Jarak rute ini lumayan, sekitar 75 km PP (start dari Tugu Yogyakarta), tapi penuh kesegaran di daerah Nanggulan, plus tanjakannya juga tidak terlalu berat. Rute ini berangkat melalui jalan utama (Jl. Magelang), tanjakannya landai saja hingga persimpangan ke Borobudur, sesudah itu rolling jalan menurun nikmat sekali sampai Godean. Total waktu tempuh rute ini sekitar 4 jam (dengan roadbike, tanpa memperhitungkan istirahat/berhenti).

Tentu rute ini bukan tanpa tanjakan. Di daerah Nanggulan nanti akan ada 2 tanjakan tapi tidak terlalu berat, rerata elevasinya 2% (max 6%). Kedua tanjakan ini panjangnya 2 km saja. Saya pernah mencoba rute ini dari arah sebaliknya, dan tanjakannya terasa lebih berat. Oleh karena itu lebih nyaman menjalani dari arah Borobudur ke Nanggulan. Oh ya, dalam foto berikut tertulis jaraknya 83 km, itu diabaikan saja karena titik startnya bukan dari Tugu Jogja ^_^

Sebaiknya menjalani rute ini pagi-pagi sekali, karena separuh perjalanan akan melalui jalan utama Jogja - Magelang, jika kesiangan akan ramai (dan polusi). Sesudah melewati tanjakan di Godean, rutenya relatif datar-datar saja, walaupun cukup banyak pepohonan tapi ketika menjelang masuk ke kota akan terasa cukup panas (plus mulai ramai dengan kendaraan).

Tribute foto oleh Nugroho Setio Wibowo.

Lokasi: 

Indonesia
7° 36' 23.814" S, 110° 13' 43.644" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
75.00km
Sepeda
Road Bike
Elevasi Rerata
2.30%
Elevasi Maksimal
6.30%
Elevasi Jarak
3.00km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.