Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

soewoek's picture
Posted by soewoek

Daya tarik utama di Puncak Gedangsari adalah pemandangan indah, puncak yang tinggi membuat kita bisa melihat hamparan pemandangan yang luas ke bawah, seluruh kelok2 jalan nampak jelas. Walaupun ada foto panorama tapi sulit merekam keindangan pemandangan yang tertangkap oleh mata. Sensasi menikmati pemandangan ini mirip seperti saat kita menuruni bukit pajangan, melihat garis pantai Parangtritis. Kondisi jalannya juga sama-sama turunan tajam, harus sangat berhati-hati, sebaiknya menggunakan MTB, dan sebaiknya sejak awal mengerem jika ingin menikmati pemandangan. Jarak rute ini 64 km, dimulai dari ringroad Ketandan dan finish di ringroad Maguwo dengan total waktu tempuh 6,5 jam. Foto-foto lebih lengkap disertakan pada peta berikut. 

Puncak pemandangan yang indah, juga diraih dengan perjuangan yang cukup berat. Di awal perjalanan sudah menghadapi tanjakan Patuk yang cukup menguras energi. Tanjakan berikutnya yang cukup berat adalah puncak Gedangsari. Tanjakan ini panjangnya 2,5 km, terdiri dari beberapa tanjakan-tanjakan yang cukup curam. Secara statistik, rerata elevasinya 8,7% maksimal mencapai 16%.

Jarak ke puncak Gedangsari 32 km, waktu tempuhnya bervariasi, bagi yang sudah terbiasa menanjak bisa sampai dalam 3,5 jam, bagi yang menuntun membutuhkan waktu 4,5 jam. Beruntung di puncak Gedangsari ada warung yang menyediakan minuman (es pun ada), gorengan dan soto. Namun sepanjang tanjakan Gedangsari tidak ada warung yang menjual makanan/minuman, sebaiknya selalu isi perbekalan lengkap sebelum menanjak. Sebaiknya perbekalan air lebih banyak, persiapan jika kondisi cuaca panas terik.

Download GPX

 

 

Lokasi: 

Indonesia
7° 48' 35.082" S, 110° 35' 38.868" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
64.00km
Sepeda
MTB
Elevasi Rerata
8.70%
Elevasi Maksimal
16.00%
Elevasi Jarak
2.50km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.