Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Bersepeda di daerah Bantul sangat menyenangkan, udara yang segar dan pemandangan nan-indah. Walaupun di sebagian jalan ada aspal yang mengelupas, tapi secara overall kondisi jalan lumayan bisa dilalui dengan roadbike. Rute ini merupakan kombinasi tanjakan dan turunan yang tidak terlalu berat dengan total jarak sekitar 30 km saja dari Alun-Alun Selatan Jogja.

Destinasi pertama membawa kita ke Puncak Bibis. Tanjakannya memang lumayan, dengan rerata elevasi 5,9%  (maksimal 15,5%) tapi tidak panjang, hanya sepanjang 1 km saja. Kondisi jalan saat menanjak juga relatif mulus, masih bisa dilalui roadbike. Sesudah di puncak ada Warung Bu Yati, tempat kumpul para goweser di Bantul yang terkenal, sampai disana disambut dengan spanduk besar "Welcome Bikers", cocok untuk melepas lelah sejenak menikmati kuliner setempat. 

Destinasi berikutnya ke Patung Semar di Desa Wisata Krebet berjarak 2 km dari dari Warung Bu Yati, namun masih melewati 2 tanjakan, namun tidak seberat Puncak Bibis. Tanjakan pertama dan kedua relatif sama, panjangnya 400 meter dengan rerata elevasi 4,2% (maksimal 7,8%).

Rute pulang dilewatkan ke daerah Pajangan, disini penuh dengan wisata kuliner ayam ingkung yang dapat dipilih. Namun jangan kaget, walaupun sudah dapat banyak bonus turunan panjang nan-nikmat, juga masih dijumpai tanjakan dengan karakteristik yang mirip seperti sebelumnya (tetap tidak seberat Puncak Bibis). Ujung destinasi kuliner rute ini adalah Warung Ndesso. Rute pulang ke Jogja melewati jalur utama Bantul.

Profil elevasi rute dapat dilihat pada gambar berikut.

Lokasi: 

Indonesia
7° 51' 13.9752" S, 110° 18' 39.762" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
30.00km
Sepeda
Road Bike
Elevasi Rerata
5.90%
Elevasi Maksimal
15.50%
Elevasi Jarak
1.00km

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.