Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

Nugroho Setio Wibowo's picture
Posted by Nugroho Setio Wibowo

Yogyakarta terkenalnya dengan banyaknya candi-candi dan  situs purbakala.  Situs-situs ini tersebar di beberapa titik lokasi di Yogyakarta, terutama daerah timur sekitar Piyungan dan Prambanan.  Situs-situs ini dapat diakses dengan mudah, dan cocok untuk destinasi sepeda santai,semisal sepeda bersama dengan keluarga. Kebetulan Saya dan istri suka bersepeda santai menyusuri jalan-jalan pedesaan ke tempat-tempat yang kami belum pernah kunjungi .  Kali ini kami gowes ke Pathuk kemudian baliknya mampir ke situs Payak di daerah Piyungan. 

Situs ini cukup dekat dengan kota Yogyakarta, tepatnya di  dari jalan wonosari km 12  kemudian belok ke arah selatan +/- 200 meteran.  Ada tanda penunjuk jalan ke situs Payak ini.  Karena jalan wonosari cukup padat lalulintasnya, usahakan kalo gowes pagi-pagi sekali. Atau bisa juga lewat beberapa jalan alternatif melewati kampung-kampung yang lebih asri. 

Begitu sampai di lokasi kesan pertama yang  adalah bersih. Ikut senang tempat semacam ini sangat terawat dan bener-bener bersih. Waktu kami datang, ada mas-mas yang lagi bersihin situs ini, batu-batunya digosok supaya tidak berlumut. Kami juga diminta mengisi buku tamu.


Situs ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi, namun tidak dijelaskan dalam keterangan yang terpasang di lokasi oleh siapa situs ini dibangun. Situs yang berukuran kurang lebih 3 x 1 meter ini tergolong situs petirtaan (tirta = air) yang diperkirakan sebagai sumber air untuk upacara keagamaan Hindu. Di bagian bawah situs ada kolam air yang dalamnya sekitar 60 cm. Situs yang menghadap barat daya ini terletak lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya, yaitu 6 meter.

Situs ini ditemukan oleh para pembuat batu bata pada tahun 1970-an, karena lokasi ini memang lahan pembuatan batu bata sejak dulu. Namun baru tahun 1980-an situs ini ditangani oleh institusi terkait benda-benda cagar budaya. Kalo sekarang pemeliharaan ditangani oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.


Sepulang dari gowes hari itu, hati rasanya puas karena menemukan tempat baru. Walaupun wajah kami makin gosong, tak mengapa. Menemukan tempat baru saat gowes seperti inilah yang membuat kami semakin menikmati bersepeda. Tidak hanya badan yang sehat tapi pikiran dan hati pun juga senang. :)

Foto-foto dan sebagian tulisan dari blog istri di http://annafardiana.wordpress.com

Lokasi: 

Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Sepeda
Road Bike

Categories: 

Kota: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.