Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

Hatma Suryatmojo's picture
Posted by Hatma Suryatmojo

Untuk memainkan gir depan & belakang, harus dihindari settingan menyilang antara gir depan dan belakang. Contoh: gir depan paling besar dan gir belakang paling gede; atau gir depan paling kecil dan gir belakang paling kecil. Ini akan mnyebabkan posisi rantai menyilang dan mudah lepas.

Jadi memainkan gir depan - belakang harus dijaga agar rantai tidak menyilang. Idealnya, kalau gir depan paling gede, maka gir belakang bisa dimainkan dari gir tengah sampai paling kecil. Begitu juga sebaliknya.

Termasuk perawatan RD (rear derailleur)  Setelah kita bergowes, ketika sepeda akan disimpan lagi, usahakan posisi rantai di gir depan dan belakang ada di gir paling kecil (menyilang). Manfaatnya, RD tidak ketarik kedepan shg pegas di RD terjaga kelenturannya. Baru ketika sepeda mau digowes, posisi rantai menyilang sebaiknya dihindari.

Berikut ilustrasi yang lebih jelas, bersumber dari How to Use Gear Shifters Effectively.

Semoga tips ini bermanfaat.

Categories: 

Comments

autogebet's picture

terima kasih pak Mayong atas tips nya.. monggo bisa diedit-edit mandiri sekiranya ada yang belum pas.. pak Mayong sudah saya jadikan contributor... Enjoy pak!

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.