Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Teknologi Geotagging untuk Membantu Survey Rute Salah satu yang dilakukan saat survey rute adalah mengidentifikasi kandidat lokasi potensial untuk regrouping dan makan, juga perlu identifikasi fasilitas umum yang ada disekitarnya, misal pom bensin, masjid, indomaret, dsb.

Bagi kita yang tidak familiar terhadap suatu daerah, kita sulit memperkirakan lokasi suatu tempat. Sering kita mendengar misal, "regrouping di masjid dekat persimpangan tugu alun-alun". Nah, seberapa kita sudah dekat alun-alun terasa samar, jadinya di jalan kita ragu-ragu. Demikian juga jika kita minta anggota tim logistik untuk standby di tempat tertentu, juga akan mengalami keraguan yang sama.

Untuk mengatasi itu, ada solusi sederhana yang mudah dipraktekkan, cukup menggunakan kamera HP yang diaktifkan fitur geotagging-nya. Geotagging adalah melekatkan koordinat GPS pada setiap foto yang dijepret. Karena ada koordinat, siapapun jadi mudah tinggal mengikuti di peta. Bahkan semua foto hasil jepretan dapat disajikan di Google Maps, contohnya dapat dilihat disini, bahkan petanya bisa di-tempel (embed) disini:

Teknik ini sudah cukup sering dipakai sebagai dokumentasi foto-foto wisata, teknik yang sama dapat digunakan untuk survey. Begini caranya:

1. Aktifkan fitur Geotagging di kamera HP. Fitur ini ada di mayoritas HP yang dilengkapi GPS, Android, Blackberry, iPhone, ada semua. Caranya cukup sederhana, buka dulu kamera, kemudian ada settings, disana tinggal diaktifkan Geotagging. Atau lebih jelasnya bisa dilihat disini panduannya untuk Blackberry, Android dan iPhone.

2. Gunakan aplikasi Google Picasa yang dapat didownload secara gratis. Untuk berikutnya aplikasi ini kita sebut saja "Picasa" ya. Seluruh geotagged photos dikumpulkan dalam satu folder, aplikasi ini akan menayangkan seluruh koordinat/lokasi foto dalam peta. Ini dia contoh tampilannya.

Sampai langkah ini, semua foto sudah bisa tersaji pada peta, namun hanya bisa dilihat oleh satu orang saja (sang pemilik komputer). Jika ingin agar semua foto dapat dilihat secara online seperti contoh diatas, perlu dilakukan tambahan langkah ekstra sebagai berikut:

3. Gunakan Google Picasa Web Album sebagai sarana upload ke Google My Maps. Pastikan sebelumnya kita sudah punya akun Google Picasa Web Albums. Ini adalah Picasa versi web, berikutnya kita sebut saja "Picasa Web" ya. Setiap folder (yang berisi geotagged photos) akan di-upload menjadi album di Picasa Web. Pastikan juga kita menggunakan akun yang sama untuk Picasa dan Picasa Web. Cukup klik tombol "Sync to Web" di Picasa, kemudian tinggal menantikan semua file foto terupload di Picasa Web. Sesudah selesai terupload semua, klik "View in Google Earth", ini akan menghasilkan file KML yang akan kita proses pada langkah berikutnya.

4. Langkah terakhir, file KML kemudian diupload ke Google My Maps. Buka URLS Google Maps seperti biasa, kemudian ikuti panduan infografis berikut:

Sesudah selesai diproses, hasil akhirnya akan nampak seperti berikut:

Peta ini kemudian bisa di-share ke orang lain, atau disisipkan ke website kita. Caranya dapat mengikuti panduan pada artikel Tips Berbagi Rute dengan Google My Maps.

Teknik ini memang agak panjang, but it works. Saya sudah coba opsi2 lainnya (misal upload langsung ke Picasa Web), fotonya berhasil terupload tapi koordinatnya tidak muncul di peta.

Semoga teknik ini bermanfaat ^_^

Categories: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.