Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Rute perjalanan yang sudah pernah kita lalui biasanya sudah tersimpan di Endomondo atau Strava, tapi untuk berbagi rute ini juga tidak praktis, harus ada approval dari sang owner account. Sebenarnya ada banyak ide rute perjalanan gowes yang menyenangkan, tapi umumnya hanya tersimpan di dalam diri kita masing-masing, wajar karena untuk mendokumentasikannya juga agak repot, harus menggambar ulang di Google Maps. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, sekarang ini penulis sudah punya cara mendokumentasikan yang mudah dan praktis, tinggal menggunakan hasil export GPX dari Endomondo/Strava yang kemudian diupload ke Google My Maps, dari sana nanti kita mendapatkan kode yang tinggal di-paste ke website kita. Contoh peta hasil menggunakan teknik ini ada di artikel gowes Jogja-Sukoharjo PP.

Sebelum diupload ke Google My Maps, sebaiknya GPX diedit dulu, dirapikan dari (misal) titik-titik yang terdeteksi saat kita ke toilet, jajan di warung, dsb. Juga sebaiknya titik start dan finish dibuat menjadi sirkular. Aplikasi untuk editing GPX ini namanya GPS Track Editor, bisa di-download gratis kok. Editing juga sangat mudah sekali, tinggal klik tiap titik untuk hapus, atau bisa digeser2 manual. Biasanya titik start dan akhir rute saya samakan. Ini dia tampilan aplikasinya.

GPX hasil editan tinggal diupload ke Google My Maps. Buka URLS Google Maps seperti biasa, kemudian ikuti panduan infografis berikut:

 

Sesudah diupload, hasilnya akan seperti ini:

Rute yang sudah terupload ini tersimpan sebagai file Google Drive biasa, sehingga bisa di-sharing ke siapapun, termasuk bisa ditampilkan (embed) di website. Agar dapat tampil di website, permission file harus di-set public terlebih dahulu, kita berikan akses agar siapapun bisa melihat ("can view") rute ini. Caranya tinggal mengikuti panduan infografis berikut:

Praktis yaa... semoga bermanfaat dan menjadikan kita makin semangat mendokumentasikan dan berbagi rute ^_^

Categories: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.