Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

Nugroho Setio Wibowo's picture
Posted by Nugroho Setio Wibowo

Kaligua cukup terkenal di kalangan goweser terutama pecinta all mountain. View  track yang sangat indah dan  beragam  vegetasinya  dari kebun teh, danau, hutan pinus, perkebunan, sawah  sampai jalur makadam dan sungai menjadikan goweser yang pernah kesini pasti akan ketagihan untuk datang kembali. Jalur gowes  ini terletak di Kaligua Bumiayu , Brebes Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Wisata Agro Perkebunan Teh Kaligua, milik PTP IX Nusantara yang berada di lereng gunung Slamet.

Untuk menuju ke kawasan ini bisa melalui beberapa alternatif.. Transportasi menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur Pantura via Brebes atau Tegal-Bumiayu-Kaligua, Cirebon-Bumiayu-Kaligua, dan jalur selatan via Purwokerto-Paguyangan-Kaligua. Jalur tersebut melalui jalan utama Tegal-Purwokerto, tepat masuk lewat pertigaan Kaligua, Kretek.  

Tanggal 14 Juni 2014, kami rombongan dari yogya berangkat ke Bumiayu  dengan mobil selama +/- 5 jam.  Karena jarak yang cukup jauh, rombongan berangkat sabtu sore dan menginap semalam di kota Bumiayu. Paginya sepeda di loading menuju puncak kebun teh Kaligua yang berjarak 15 km dari Kota Bumiayu atau sekitar 10 km dari kecamatan  Paguyangan.  Tujuannya  adalah puncak  kebun teh ( puncak Sakub)   di ketinggian 2050 MDPL.  Jalan menuju puncak sangat indah dan  berkelok kelok dengan udara  yang  dingin dan berkabut. 

 Start  dimulai dari  puncak sakub dipandu 2 rider lokal sebagai marshal penunjuk jalan.  Gowes sebentar, kami langsung meluncur  menuruni  kebun teh dan kemudian masuk ke single track. Jenis track technical, agak licin karena malamnya diguyur hujan. Di beberapa titik  ada drop-drop  kecil dan akar-akar pohon teh. Konsentrasi penuh  dan pengendalian sepeda sangat diperlukan. Sebagian  peserta sempat terpeleset, tetapi dengan senang gembira menikmati track ini. Sesuai filosofi bersepeda  di  gunung, kalo belum kena tanah atau lumpur belum afdol rasanya.

.Lepas dari single track, sepeda meluncur turun dengan  cepat menyusuri jalan yang cukup lebar  melingkar-lingkar diantara kebun teh. Udara yang sangat segar dan view indah menjadikan semua peserta menikmati jalur ini.  

Setelah itu  hamparan hutan pinus dan telaga Ranjeng yang penuh mitos menanti didepan.  View telaga yang indah  menjadikan nggowes tambah semangat. 

 Selepas telaga Ranjeng , disambut jalur singletrack lagi diarea lahan pertanian kol dan wortel.  Kami tidak melaju  kencang di area ini,  menikmati turunan dan segarnya hamparan kol dan wortel di kanan kiri jalur.  Turun dari area pertanian, menuju perkampungan penduduk untuk istirahat dan sholat dzuhur.

Setelah  sepeda dicek  dan memastikan rem masih berfungsi dengan baik, kami melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalur makadam sepanjang +/- 5km. Turunan makadam yang sangat menantang andrenalin dengan batu-batuan kecil diatasnya di libas dengan kecepatan tinggi. Kosentrasi, pengendalian sepeda dan rem sangat penting disini.  Habis dari makadam, masuk ke area  persawahan dan finish di sungai didekat Bumiayu.

Jarak total +/- 30  kilometer  dengan  waktu tempuh sekitar 5 jam, dari ketinggian 2022 MDPL ( Endomondo)  turun ke  165 MDPL. Track kombinasi  AM  dan XC.

Tips bersepeda  di Kaligua 

  1. Sebelum ke kaligua, kontak dahulu eo lokal terkait kondisi track dan cuaca disana serta menyewa rider lokal sebagai marshal / pemandu jalan. 
  2. Gunakan sepeda jenis MTB XC trail atau AM, bisa hardtrail atau fullsus.  Pastikan kondisi sepeda prima,terutama rem. 
  3. Menggunakan perlengkapan sepeda seperti helm dan protektor pelindung lutut
  4. Bawa perlengkapan sepeda, ban cadangan dan baju bersih untuk sholat Dzuhur 
  5. Kondisi badan harus fit,  tidur harus  cukup. Jalur technical  menuntut konsentrasi tinggi
  6. Untuk menghemat biaya, sebaiknya berombongan minimal 10 orang yang iurannya  bisa digunakan untuk  sewa kendaraan dan mobil 4wd utk loading,  marshal dan retribusi masuk area kebun teh 

Lokasi: 

Bumiayu
Indonesia
7° 16' 4.8792" S, 109° 8' 34.1772" E
Ringkasan informasi penting untuk memudahkan analisa rute
Jarak
30.00km
Sepeda
MTB
Elevasi Rerata
-8.00%
Elevasi Maksimal
-32.80%
Elevasi Jarak
30.00km

Categories: 

Kota: 

Comments

autogebet's picture

terima kasih pak Nugie atas artikelnya, apakah ada koordinat lokasinya? agar bisa muncul di menu Peta Destinasi begitu heheh

Nugroho Setio Wibowo's picture

done pak, koordinat sudah di masukkan ke dalam  peta . 

halo salam  kenal, mohon informasi Cp marshall kaligua. komunitas kami ada rencana gowes dsna.trims.

nugroho's picture

salam kenal juga mas, untuk koordinator marshall bisa dengan dr Budi.

No HP sudah saya pm ya 

Saya berencana mau mencoba track kaligua ini, mas.Bisa tolong diinfokan no. HP marshallnya.Terima kasih.

Mohon info nya HP marshall nya suwun

nugroho's picture

Salam kenal juga. 

Utk cp marshal sdh saya japri ya..

 

Ada file gpx nya? atau yang lainnya? email grafikomputer3@gmail.comterimakasih

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.