Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_display has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/view.inc on line 2545

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; views_many_to_one_helper has a deprecated constructor in /home/sepedasehat/public_html/sites/all/modules/views/includes/handlers.inc on line 753
Gaya Hidup Sehat Bersama Kopi | Sepeda Sehat

Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Bagi mayoritas kita, kopi sudah menjadi bagian dari keseharian, bagian dari gaya hidup. Bagi kita pecinta kopi, kita menikmati berbagai cita rasa kopi dari seluruh penjuru dunia beserta seluruh atributnya, mulai dari aroma, keasaman, dan sebagainya. Saya sebagai pecinta kopi, saya ingin memastikan bahwa kopi tidak hanya untuk gaya-gayaan, tapi memastikan bahwa kopi adalah partner yang sempurna untuk gaya hidup sehat. Menariknya, jika kita tengok berbagai referensi jurnal ilmiah terkini, terkonfirmasi bahwa kopi itu baik dan sehat. Bahkan dalam dunia kesehatan olahraga (sports medicine), kopi dapat membantu meningkatkan performa dan mengakselerasi pemulihan. Saya pribadi sesudah mendapatkan berbagai insight ini merasa mantap tanpa keraguan, sekarang berani minum kopi tanpa rasa bersalah, menjadikan kopi sebagai bagian dari keseharian gaya hidup sehat.

Manfaat Kopi dalam Olahraga

Ini harus lebih dulu disampaikan, kenapa kopi ada sangkut pautnya dengan website persepedaan :)

Bagi goweser endurance seperti saya, ternyata zat kafein dalam kopi dapat berkontribusi signifikan pada saat kita berolahraga dan pada proses pemulihan energi otot (glikogen). Pada saat berolahraga, kafein dapat membantu tubuh kita menggunakan energi yang bersumber dari lemak, menghemat glikogen (sumber energi dari otot dan hati). Ini bukan berarti lemak bisa dibakar untuk tujuan singset ya, lebih menjadikan kita bisa berolahraga lebih lama, lebih jauh, lebih cepat, lebih berat sebelum kelelahan. Cocok sekali bagi yang senang gowes endurance. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya minum kopi satu jam sebelum memulai olahraga. Sumber referensinya sudah diringkas disini.

Gowes endurance bisa berlangsung beberapa hari, sesudah istirahat satu malam, besoknya langsung lanjut gowes lagi. Sesudah selesai gowes satu hari, biasanya kita makan sepuasnya untuk memulihkan energi otot. Kalau kita tambahkan menu kopi, glikogen otot pulih lebih banyak. Kopi juga membantu mengurangi nyeri otot pasca gowes endurance. Ringkasnya, literatur jurnal bilang begini:

Glycogen, the muscle's primary fuel source during exercise, is replenished more rapidly when athletes ingest both carbohydrate and caffeine following exhaustive exercise, new research shows. Athletes who ingested caffeine with carbohydrate had 66 percent more glycogen in their muscles four hours after finishing intense, glycogen-depleting exercise, compared to when they consumed carbohydrate alone, according to the study. Source: Science Daily 2008

 

Caffeine has been shown to reduce muscle pain during endurance exercise, reduce muscle soreness after strength exercises, and assist in the recovery process. Source: The Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC) 

Kita juga biasanya mengkhawatirkan efek samping kopi yang mengakibatkan dehidrasi, namun dalam penelitian terkini ternyata tidak demikian. Konsumsi moderat sejumlah 3-5 cangkir kopi per hari malah dapat menyumbang keseimbangan cairan tubuh, tidak mengakibatkan dehidrasi.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi itu sehat! Berbagai literatur ilmiah sudah mengkonfirmasikan begitu banyak manfaat kesehatan dari kopi, uraian ringkasnya ada di publikasi Harvard Medical School. Surprisingly, ada begitu banyak penelitian yang mengkonfirmasi manfaat kopi bagi penderita diabetes seperti saya. Bahkan menariknya, literatur jurnal mengkonfirmasi bahwa kopi tidak hanya meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah, tapi juga menurunkan asam urat:

Type 2 diabetic patients who drank coffee experienced long-term health benefits, including lower blood sugar and uric acid levels, which, together, helped to improve insulin sensitivity. Diabetic participants had lowered their average uric acid levels by nearly 15 percent, and blood sugar levels by 20 percent.

Di sisi lain, ada fakta kopi yang mengejutkan. Fakta dari banyak hasil penelitian, minum kopi tanpa menggunakan saringan (misal dengan cara tubruk, atau menggunakan french press) meningkatkan LDL (kolesterol jahat), dan ini akan meningkatkan resiko serangan jantung. Kenapa LDL bisa meningkat adalah disebabkan oleh dua zat berminyak bernama cafestol dan kahweol. Fakta penelitian lain yang cukup mengejutkan, kandungan kedua zat ini paling tinggi jika kopi diseduh menggunakan alat french press. Bahkan LDL terus meningkat selama 6 bulan sesudah berhenti minum kopi.

Beruntungnya, semua manfaat sehat kopi dapat kita nikmati, sejauh menggunakan kopi bubuk (tidak instan) dan harus diseduh menggunakan saringan (filter).  Penelitian menunjukkan bahwa kita terlindungi dari kedua zat tersebut cukup dengan menggunakan saringan kertas (paper filter). Sebaiknya kopi dinikmati tanpa krimer atau susu, apalagi dengan gula berlebihan. Saya selalu menikmati kopi dengan gula merah. Bebas rasa bersalah!

WASPADA! Kopi Instan Mengandung Zat Karsinogenik

Dalam uraian diatas, jika disebut "kopi" maka yang dimaksud adalah kopi bubuk (grounds coffee), yaitu kopi dengan ampas. Saya tidak lagi mengkonsumsi kopi instan sesudah mendapatkan insight dari berbagai literatur penelitian terkini.

Awal mulanya, googling tentang "instant coffee" membawa saya ke halaman ini yang memberikan informasi awal bahwa kopi instan mengandung Acrylamide, sebuah zat karsinogenik. Pencarian lebih lanjut membawa saya ke website FDA yang menjelaskan panjang lebar tentang Acrylamide yang masuk dalam kategori Chemical Contaminants. Disana disajikan lengkap hasil survey kandungan Acrylamide pada seluruh produk makanan.

Acrylamide merupakan zat kimia yang terbentuk pada jenis makanan tertentu pada saat proses memasak/pembuatan yang menggunakan suhu tinggi, seperti: digoreng, dipanggang, dibakar. Acrylamide tidak terbentuk pada proses memasak dengan merebus atau uap (steam). Semakin lama proses pembuatan pada suhu tinggi, kandungan zat Acrylamide semakin terakumulasi. Zat Acrylamide utamanya ditemukan pada makanan yang bersumber dari tanaman, seperti: kentang, gandum, kopi. Acrylamide tidak terjadi pada produk susu, daging, ikan.

Website FDA juga memuat hasil survey kandungan Acrylamide pada produk-produk kopi. Disana ada begitu banyak jenis kopi, bahkan sudah spesifik tertera merk yang kita sudah cukup familiar, seperti: Starbucks dan Nescafe. Supaya tidak bingung dengan angka-angkanya, halaman ini menyajikan ringkasan kandungan Acrylamide pada produk-produk kopi. Bandingkan angka pada kolom "Instant" dengan kolom "Brewed". Angka-angka ini sudah memberikan suatu keyakinan bahwa kopi bubuk lebih sehat dibandingkan kopi instan. Penelitian terkini memberikan gambaran yang lebih kuantitatif dimana kandungan Acrylamide pada secangkir kopi roasted adalah 0,45 microg/kg. Kandungan ini masih dibawah ambang batas aman agar tidak menjadi pemicu kanker yaitu 2,6 microg/kg.

Semoga sharing ini bermanfaat. Enjoy your coffee ^_^

Categories: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.