Selamat datang, selamat menikmati berbagai sajian gaya hidup sehat disini.

autogebet's picture
Posted by autogebet

Saya termasuk yang rajin cek darah setiap kali selesai gowes jarak jauh. Salah satu yang membuat heran, kenapa setiap kali habis gowes 6-12 jam, asam urat kok selalu tinggi, bahkan bisa tembus angka 9! Sesudah searching kesana sini, akhirnya penasaran itu terjawab. Ketemu jawabannya di Jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, intinya: olahraga intensitas tinggi memang meningkatkan asam urat. 

Kalau diterjemahkan pada bagian kesimpulan (ini penerjemahnya native speaker, bukan Google Translate lho):

Dapat disimpulkan bahwa faktor penting yang memerantarai meningkatnya konsentrasi asam urat dalam darah ialah intensitas olah raga, dan bukannya total keluaran kegiatan. Hasil ini sejalan/konsisten dengan interpretasi bahwa pembentukan asam urat dapat meningkat sebagai akibat dari degradasi (menurunnya/berkurangnya) nukleotida purina dan penggunaan serat [otot] denyut-kencang ketika terjadi utilisasi energi dalam tingkat tinggi.

Berkat bantuan kawan, jika diterjemahkan menjadi bahasa gaul kira2 begini:

Dihubungkan dengan kalimat pertama, naiknya asam urat justru karena tingginya tingkat intensitas olah raga (menggunakan energi dalam jumlah besar), dan bukan berdasarkan total keluaran (hasil olah raga secara keseluruhan). Di eksperimen ini, hasil seri 1 (yang sepedahannya dipaksa sampai ngoyo), asam uratnya naik. Hasil seri 2 (yang sepedahannya biasa aja, nggak maksa), asam uratnya nggak naik. Seri 2 ini kan istilahnya prolonged sub-maximal exercise (olah raga yang waktunya dipanjangkan dan tidak sampai maksimal). Jadi kalau mau asam urat nggak naik, olah raganya jangan ngoyo. Santai aja.

 

Penjelasan ini juga ditemukan di buku "Asam Urat", bisa dicermati di Google Books.

Rata-rata kawan2 goweser juga mengeluhkan kaki agak terganggu sesudah gowes jarak jauh, dan ini terkonfirmasi karena asam urat meningkat. Ini proses yang normal, asam uratnya berasal dari metabolisme tubuh sendiri. Dalam kasus saya pribadi, beberapa hari kemudian dicek darah, nantinya akan kembali ke angka normal. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan sesama goweser, dan tetap semangat gowes tanpa kuatir asam urat :)

Categories: 

Penyakit: 

Sepeda Sehat
Misi SepedaSehat.com adalah mendorong gaya hidup sehat dengan bersepeda, menjaga api semangat bersepeda agar tetap membara, sehingga kita akan terus dan terus bersepeda untuk sehat.